Rabu, 16 November 2011

Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Memasuki nama bulan berakhiran -ber (September-Desember) sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan berintensitas cukup tinggi. Bagi anda yang beraktifitas dengan menggunakan sepeda motor tentunya hal ini cukup mengganggu, terlebih sering terjadinya kecelakaan lalu lintas sewaktu hujan. Berikut saya berikan beberapa tips agar anda aman berkendara sepeda motor di saat hujan.


1 . Pakailah Jas Hujan
Jas Hujan sebagai pertahanan pertama jika anda diguyur hujan saat di perjalanan. Pilihlah jas hujan sesuai dengan selera anda tetapi tetap harus melihat sisi kenyamanan saat digunakan. Jika anda sehari-hari membawa tas gendong , pilihlah jas hujan yang agak besar sehingga tas anda dapat terlindungi.

2 . Melaju dengan kecepatan rendah
Hujan yang menguyur mengakibatkan jalanan menjadi agak licin, terlebih jika jalanan yang anda lewati tidak rata. Hal inilah yang sering menyebabkan banyak terjadi kecelakaan seperti motor yang terjatuh. Melaju dengan kecepatan rendah berguna untuk menghindari resiko kecelakaan akibat licinnya jalan.

3 . Nyalakan lampu depan
Jarak pandang pengendara ketika hujan pada umumnya menjadi berkurang, hal ini cukup berbahaya jika motor anda melaju di jalanan yang cukup padat. Dengan menyalakan lampu depan, pengendara motor atau mobil di depan anda dapat melihat keberadaan motor anda dari kaca spion yang memantulkan cahaya dari lampu depan motor anda.

4 . Setel katup bensin pada posisi setengah
Konsumsi bensin ketika hujan cenderung meningkat di karena ruang pembakaran pada mesin motor menjadi agak dingin sebagai pengaruh dari hujan. Untuk mensiasati agak konsumsi bensin tidak boros aturlah katup bensin pada posisi setengah.


5 . Berteduhlah jika hujan disertai petir
Jika anda memaksa untuk melaju saat hujan disertai petir hal ini cukup berisiko dikarenakan petir bersifat ionik yang cenderung menyambar objek bermuatan netral seperti pohon, besi dan tubuh manusia. Agar anda tidak tersambar petir saya menyarankan anda berteduh sejenak sampai hujan reda.

Hal yang harus anda ingat saat berkendara saat hujan adalah tetap utamakan keselamatan dengan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Tetap waspada dan semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar