Minggu, 18 Maret 2012

Apa sih PGM-FI itu...??

Apa sih PGM-FI itu???
Dimulai Tahun 2006an kalau tidak salah mesin motor PGM-FI nempel di motor Honda Supra X 125. Seiring berjalannya waktu hampir semua motor sekarang tepatnya tahun 2012 bermesin Injeksi dari motor bebek, betik, scooter matic, sport. Orang - orang pada bingungkan apa sih bedanya mesin Injeksi dengan karburator?? Ada yang bilang "Injeksi irit", ada yang bilang "kalo pake karburator enak, bisa di stel kenceng tidaknya motor", inilah itulah masih banyak komentar lainnya. Disini saya akan memberikan sedikit pencerahan tentang apa itu mesin Injeksi, kelebihan maupun kekurangannya.

Jadi Mesin Injeksi atau disebut PGM-FI (Programmed Fuel Injection) itu menggunakan teknologi kontrol secara elektronik, yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.

Kelebihan atau Keunggulan PGM-FI :
• Teknologi injeksi lebih irit 10-15% dalam konsumsi BBM dibanding motor berkarburator.
Dengan teknologi ECU (Engine Control Unit), ECM (Electronic Control Module) membuat campuran bensin dan udara takarannya selalu presisi dan pas dalam perbandingan ideal pada semua tingkat putaran mesin. Bahkan pada kondisi pengendaraan tertentu secara percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol perbandingan bensin dan udara tetap ideal.
• Tarikan lebih responsive
• Mesin mudah dihidupkan tanpa dipengaruhi perubahan kondisi cuaca
• Sangat Mudah dalam perawatan, tidak perlu bongkar dan stel karburator
• Multi sensor
• Beberapa motor memiliki BAS (Bank Angel Sensor)
• Idle tidak terpengaruh pada ketinggian suatu daerah
• Ramah lingkungan

Dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan/kelemahan pastinya, System injeksi buat motor mampu bekerja dengan baik karena didukung banyak komponen. Mulai dari sensor – sensor, perangkat elektris sampai otak computer atau ECU. Karena perangkat motor injeksi sangat kompleks maka menimbulkan dampak negative (kelemahan) antara lain :
1. Harga lebih mahal
2. Jika terjadi kerusakan, otomatis perbaikan lebih sulit
3. Kerusakan kecil pada kelistrikan dapat mengakibatkan motor mati
4. Karena mulut injector sangat kecil sehingga sangat sensitive terhadap kotoran dan air yang ikut dalam bensin
5. Butuh alternator atau pembangkit listrik lebih besar

Sekarang jadi lebih tahu kan apa itu PGM-FI, kelebihan maupun kekurangannya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua yang membacanya. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar