Sabtu, 31 Maret 2012

Mobil berdasarkan jenis dan fungsinya

Sebelumnya saya tidak tahu mobil itu ternyata banyak macamnya, yang saya tahu mobil sedan dan mobil keluarga. Setelah saya googling di yahoo lumayan banyak mobil berdasarkan tipe dan kegunaannya di Indonesia. Saya kasih tahu deh kendaraannya apa aja dan fungsinya sebagai apa. Mulai dari pengertiannya dulu Mobil adalah kendaraan darat yg digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ini mobil berdasarkan tugas dan fungsinya.

• Ambulans mobil khusus untuk mengangkut orang sakit, korban kecelakaan.
• Baja mobil yg berlapis baja.
• Balap mobil khusus untuk olahraga balap.
• Boks mobil truk angkutan barang dng bak tertutup.
• Dinas mobil milik instansi (perusahaan dsb) dan digunakan untuk keperluan melaksanakan pekerjaan instansi, perusahaaan.
• Film mobil yg mengangkut segala peralatan pemutaran film di luar gedung.
• Pribadi mobil milik perseorangan dan dipakai untuk keperluan sendiri.
• Sport mobil untuk keperluan olahraga balap. Seperti: mobil balap.
• Toko mobil yg dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai tempat menjual barang (makanan, majalah, koran, dsb), biasanya berkeliling di kawasan permukiman atau berhenti di suatu lokasi.
• Umum mobil untuk keperluan pengangkutan umum. Seperti: bus, taksi.




City Car. Memiliki bentuk kompak dan lebih kecil ketimbang kendaraan jenis lain, sehingga cocok untuk wilayah perkotaan. Mobil ini mudah berzig-zag dan menembus kepadatan lalu lintas kota dengan city car yang kecil lagi gesit. Mobil jenis ini juga hanya membutuhkan sepetak kecil tempat parkir.
Mobil perkotaan juga terkenal irit bahan bakar karena memiliki kapasitas mesin 1.200 cc. Konsumsi bahan bakar yang irit menjadi pertimbangan serius pembeli.
City car lebih banyak menyasar segmen anak-anak muda, seperti mahasiswa, serta para pekerja baru. Di segmen ini ada Suzuki Splash dan Karimun Estilo, Kia Picanto, Hyundari i10, Chery QQ, Proton Savvy.




Hatchback Sedikit di atas city car, ada kategori hatchback yang memiliki fungsi nyaris sama dengan city car. Bedanya, varian sedan tanpa buntut ini lebih menonjolkan tampilan yang stylish.
Kategori ini pas untuk eksekutif muda yang belum memiliki keluarga. Mobil tepi ini biasanya menjadi mobil kedua bagi keluarga mapan yang sudah memiliki mobil keluarga.
Kategori ini dihuni antara lain Toyota Yaris, Nissan Livina, Suzuki Swift, Honda Jazz, Mazda2, Daihatsu Sirion, Chevrolet Aveo, Hyundai i20 dan Ford Fiesta.




MPV (Multi Purpose Vehicle) merupakan jenis mobil yang banyak digandrungi masyrakat Indonesia. Selain bisa mengangkut banyak penumpang, kendaraan ini sering dipakai sebagai kendaraan dinas pegawai pemerintah. Jenis ini cocok bagi mobil keluarga. Walau acap memiliki bentuk yang terkesan kaku, daya angkut yang besar dan irit bahan bakar, menjadaikan MPV sebagai mobil primadona. Konsumen Indoensia memang banyak mengutamakan sisi fungsional dan sekaligus style. Tak pelak, varian mobil tuipe MPV di Indonesia amat banyak. ada jenis low MPV, kelas medium, hingga kelas premium. Rentang harganya pun amat lebar, dari Rp 100 juta sampai miliar rupiah per unit.

Beberapa jenis MPV yang menyesaki pasaran dalam negeri antara lain Toyota Kijang Innova dan Avanza, Daihatsu Xenia, Grand Max dan Luxio, Mitsubishi Maven, Honda Freed, Nisan Grand Livina, serta Isuzu Panther.




Di kelas menengah ada Nissan Serena, Honda Odyssey, Mitsubishi Grandis, dan Hyundai H-1.
Sementara untuk MPV premium ada Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Nissan Elgrand, VW Carravella, serta Honda Elysion




SUV (Sport Utility Vehicle) mengutamakan kemampuan mesin mobil, serta kekekaran body. SUV juga banyak menjadi andalan para agen tunggal pemegang merek (ATPM) karena kenyamanannya serasa sedan, namun tetap andal di segala medan dan terkesan macho.
Biasanya SUV memiliki jenis mesin yang berkapasitas besar, di atas 2.000 cc, sehingga acap boros bahan bakar. Sesuai namanya, SUV cocok untuk menempuh perjalanan terjal dan segala medan. Segmen mobil jenis ini adalah pebisnis maupun eksekutif mapan.
Beberapa jenis SUV yang beredar di Indonesia antara lain Honda CRV, Nissan X-trail, Ford Escape dan Everest, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Rush, Toyota Fortuner, Daihatsu Terios, Suzuki Grand Vitara, Chevrolet Captiva, Mazda CX-7, Hyundai Santa Fe.




Sedan Mobil sedan identik dengan gengsi dan prestise sang pemilik. Karakter pengguna sedan adalah mereka yang mengutamakan kenyamanan, prestise serta keamanan.
Beberapa varian sedan antara lain Mazda2 Sedan, Honda City hingga Accord, Nisan Teana, Toyota New Vios dan Altis hingga Toyota Camry, berbagai tipe Mercedes Benz, Lexus, BMW, Audi dan merek lainnya.




Mobil Niaga tipe kendaraan ini biasanya digunakan untuk usaha, baik angkuta barang maupun angkutan manusia. Penjualan sering menjadi indikator dunia bisnis Kategori ini termasuk yang paling luas macamnya. Di segmen ini berjejalan berbagai macam merek minibus, double cabin, pikap, truk kecil, truk besar dan bus.

3 komentar:

  1. mantap ,, mobil memang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan,apalagi saat ini tekhnologi semakin maju.. kini hadir Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik yang mampu memberikan kenyamanan berkendara

    BalasHapus
  2. Keren pak, menurut saya sedan diciptakan untuk membawa penumpang dengan barang-barang milik mereka dan melewati jalanan umum. Sedan atau bisa juga disebut Saloon pada dasarnya adalah mobil penumpang dengan tiga pilar ( A, B dan C ) pada kaca depan, sisi samping mobil dan di kaca belakang yang dimana ketiga pasang pilar ini menyangga atap mobil.

    Serta dilengkapi dengan dua atau empat pintu masuk dan mempunyai dua baris tempat duduk penumpang dengan kompartemen barang alias bagasi pada bagian belakang.

    Biarpun punya kesan terbatas, namun Sedan tetap populer dan banyak penggemarnya. Dimensi body dan kapasitas mesin pada Sedan biasanya menujukkan kelasnya, mulai dari Entry level hingga High performance. Apakah itu Lower sized, Mid-sized, Upper mid-sized, luxury ataupun Sport.

    salam kenal ya

    BalasHapus